Tantangan 15 Hari Zona 1 Day 9

Bismillah,
Lagi lagi telat mengumpulkan kewajiban, namun harus mengejar ketertinggalan. Tanggal 11 September kemarin kenzie tepat berusia 2 tahun. Banyak sekali tingkah dan perilakunya yang menggemaskan sampai buat mamanya kepusingan. Namun kalau ingat komunikasi produktif aku kembali waras, bahwa seorang ibu haruslah menjadi peradaban bagi anak-anaknya. Oleh karena itu aku belajar tetap sabar dan belajar mengerti apa yang ia butuhkan.
Tidak ada perayaan ulang tahun, hanya membeli kue ala kadarnya untuk membuat kenzie senang dan memberikan pengertian kepada kenzie kalau ia sudah 2 tahun, itu artinya sudah harus berenti nenen.Dua bulan sebelumnya saya pun rutin memberikan sounding sebelum tidur berharap menyapih dengan cinta ini berhasil sesuai ekspetasi. Namun apalah daya, kenzie belum bisa ikhlas sepertinya. Ia masih meminta nenen saat ingin tidur, jika saya tidak ijinkan ia menangis dan berteriak teriak. Hal yang membuat hatiku luluh dan belum bisa tega kepadanya. Alhasil proses WWL ini pun masih belum berhasil hingga usianya hari ini 2 tahun.
Aku tidak menyerah, akan kucoba lagi setiap hari. Hatikun harus iklas dan rela melepaskan bahwasannya menyusui itu cukup 2 tahun seperti dalam Al-Quran pun sudah memaparkan dengan jelas perkara menyusui ini, Moms. Tertulis dalam Surat Al-Baqarah ayat 233 bahwa menyusui selama dua tahun akan menyempurnakan masa penyusuan.


وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ ۚ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَٰلِكَ ۗ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗ وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
“Dan bagi para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

Semangat semoga aku dan kenzie bisa menjalani proses WWL ini dengan lancar dan nyaman. aamin allahumma aamiin

#harike9
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mamalyfe's Story Blog Design by Ipietoon